Praktikum, Rahasia Air Berwarna Menjadi Bening Seketika

Pratikum kali ini akan membahas tentang Air berwarna menjadi bening. Namun sebelumnya alangkah baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu air bening.

trik rahasia SULAP Air Berwarna Menjadi Bening
Pratikum Air Berwarna Menjadi Bening

Pengertian Air Bening

Apa itu Air Bening?
Air bening adalah air yang tidak memiliki warna, tidak terlihat keruh, dan tidak terlihat ada partikel-padatan atau zat-zat terlarut yang terlihat dengan mata telanjang. Air bening biasanya dianggap sebagai air yang bersih dan aman untuk dikonsumsi atau digunakan dalam keperluan sehari-hari.

Air bening biasanya terjadi ketika air mengandung sedikit atau tidak ada partikel-padatan terlarut, seperti lumpur, tanah, atau endapan, serta tidak ada senyawa organik atau zat-zat lain yang memberikan warna pada air. Kualitas air yang baik ditandai dengan kejernihan dan kebersihannya.

Note : Penting untuk dicatat bahwa meskipun air terlihat bening, Namun tidak berarti bahwa air tersebut sepenuhnya bebas dari zat-zat berbahaya atau mikroorganisme yang dapat membahayakan kesehatan.

Untuk memastikan air aman untuk dikonsumsi, sebaiknya dilakukan pengujian air secara laboratorium untuk mendeteksi keberadaan kontaminan seperti bakteri, virus, bahan kimia berbahaya, atau logam berat.

Praktikum, Rahasia Air Berwarna Menjadi Bening Seketika

Pada pratikum kali ini akan mempratekan Air Berwarna Menjadi Bening dengan dua percobaan. langsung saja kita menuju pratikum yang pertama.

A. Praktikum Air Berwarna Menjadi Bening Tahap Pertama

Bahan dan Alat :

bAHAN Praktikum, Rahasia Air Berwarna Menjadi Bening FOTO
Bahan Praktikum, Air Berwarna Menjadi Bening


  1. Vitacimin
  2. Betadine
  3. Air putih
  4. Gelas
  5. Sendok

Langkah - Langkah

1. Ambil gelas transparan yang masih kosong dan bersih, kemudian masukan air kedalam gelas secukupnya.
2. Ambil betadine dan tetesi air di dalam gelas dengan betadine kurang lebih 12 tetes atau sampai air berubah warna. Lihat Gambar 1 dibawah ini
Praktikum, Rahasia Air Berwarna Menjadi Bening Seketika
Gambar 1
3. Setelah itu aduk aduk menggunaka sendok makan sampai merata. Lihat Gambar 2
Praktikum, Rahasia Air Berwarna Menjadi Bening Seketika
Gambar 2
Pada gambar 2 terlihat perubahan warna air putih menjadi warna yang dibawa betadine tersebut.

4. Masukan satu tablet vitamin C atau Vitacimin kedalam gelas lalu aduk aduk lagi dan apa yang terjadi? Air seketika menjadi bening kembali. Lihat Gambar 3
Gambar 3

Penjelasan kenapa Air Berwarna Menjadi Bening 

Ketika Betadine (povidone iodine) dicampur dengan air putih dan tablet vitamin C, terjadi reaksi kimia yang dapat mengubah sifat dan warna larutan. Berikut adalah penjelasan mengenai reaksi yang mungkin terjadi:

Reaksi antara Betadine dan air putih:
Betadine adalah larutan berwarna coklat yang mengandung povidone iodine, yaitu senyawa yang mengandung iodin. 

Ketika Betadine dicampur dengan air putih, senyawa iodin dalam Betadine akan bereaksi dengan air untuk membentuk ion iodida (I-) dan ion hidrogen (H+). 

Proses ini dikenal sebagai reduksi, di mana iodin mengalami penurunan oksidasi dari bentuk kompleks (iodin) menjadi bentuk ionik (iodida). Akibatnya, larutan Betadine akan kehilangan warnanya yang coklat dan menjadi lebih bening.

Note: perlu dicatat bahwa reaksi kimia yang terjadi dapat bervariasi tergantung pada konsentrasi Betadine, vitamin C, dan kondisi lingkungan. Selain itu, tidak disarankan untuk mengonsumsi campuran ini, karena dapat menghasilkan senyawa iodin yang berbahaya atau reaksi kimia yang tidak diinginkan. 

B. Praktikum Air Berwarna Menjadi Bening Tahap Kedua

Untuk jenis Pretikum kali ini bisa digunakan untuk para pesulap pemula yang ingin mendalami sedikit trik rahasia SULAP Air Berwarna Menjadi Bening  dan jernih Seketika.

Bahan Bahan :

Bahan trik rahasia SULAP Air Berwarna Menjadi Bening  dan jernih Seketika
Bahan trik rahasia SULAP Air Berwarna Menjadi Bening
  1. 1 bungkus Tea To water
  2. Betadine
  3. 2 Gelas Transparan
  4. Air bening

Langkah Langkah

1. Siapkan 2 (Dua) buah elas transparan dan letakan sejajar di atas meja. Lalu gelas bagian kanan tetesi dengan betadine sebanyak 20 kali tetes. Lihat Gambar 1 dibawah
trik rahasia SULAP Air Berwarna Menjadi Bening
Gambar 1

2. Setelah itu, lalu ambil air putih dan masukan ke gelas yang telah berisi cairan betadine tadi. lihat gambar 2
trik rahasia SULAP Air Berwarna Menjadi Bening
Gambar 2
Pada gambar 2 terlihat gelas sebelah kanan berwarna mengikuti warna betadin.

3. Setelah itu gelas di sebelah kiri yang masih kosong di isi dengan 1 butir TEA TO WATER . Butiran ini berwarna kristal, jika dimasukan kedalam gelas tidak kelihatan sama sekali. Lihat Gambar 3
trik rahasia SULAP Air Berwarna Menjadi Bening
Gambar 3, Measukan Kristal Tea To Water


4. Langkah selanjutnya, tuangkan gelas berisi air betadine sebelah kanan ke gelas sebelah kiri yang masih kosong, yang hanya berisi biji kristal Tea To Water. Dan lihat apa yang terjadi ? Lihat Gambar 4
trik rahasia SULAP Air Berwarna Menjadi Bening
Gambar 4
Pada Gambar 4, air betadine yang dituangkan ke elas sebelah kiri seketika berubah warna menjadi jernih kembali. Aneh bin ajaib. Sehingga Trik ini biasa dilakukan untuk melakukan pertunjukan sulap.
Untuk bahan Tea To Water bisa anda dapatkan online di Lazada, Tokopedia, Shopee dan bukalapak dengan harga hanya Rp. 12.000 an saja.

Demikianlah Praktikum, Rahasia Air Berwarna Menjadi Bening Seketika, Semoga bermanfaat.
Jaya Kusuma
Jaya Kusuma Saya adalah Mbah Jaya, seorang penasehat ulung dan seorang penulis yang telah berpengalaman dibidangnya dari tahun 2010. Pengalaman ini saya sharingkan dalam bentuk blog. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk para pembaca di seluruh Dunia.