Butterfly Pea Flower atau Bunga Telang, Ciri-ciri, Taksonomi, Morfologi, Manfaat

Penjelasan lengkap dan rinci Butterfly Pea Flower

Apa itu Bunga Butterfly Pea/Bunga Telang

Bunga Butterfly Pea, juga dikenal dengan nama ilmiahnya Clitoria ternatea, adalah tanaman merambat yang berasal dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini terkenal karena bunga biru keunguan yang indah dan telah digunakan dalam berbagai budaya tradisional dalam bentuk teh, minuman, pewarna makanan, dan obat-obatan.

Foto Butterfly Pea Flower atau Bunga Telang, Ciri-ciri, Taksonomi, Morfologi, Manfaat
Foto Butterfly Pea Flower atau Bunga Telang

Berikut ini penjelasan lengkap dan rinci tentang Butterfly Pea Flower:

Deskripsi Tanaman:

Butterfly Pea Flower adalah tanaman merambat yang dapat mencapai ketinggian hingga 5 meter. Daunnya berbentuk oval, berwarna hijau, dan memiliki ujung meruncing. Bunganya memiliki kelopak berwarna biru keunguan dengan pusat yang lebih gelap. Tanaman ini juga menghasilkan polong berwarna coklat yang berisi biji.

Penggunaan Tradisional:

  • Teh dan Minuman: Bunga Butterfly Pea digunakan untuk membuat teh atau minuman dengan cara merebus atau merendam bunga dalam air panas. Teh atau minuman yang dihasilkan memiliki warna biru keunguan yang menarik dan memberikan aroma ringan. Teh Butterfly Pea sering dijadikan minuman penyegar atau dihidangkan dengan tambahan air jeruk lemon untuk mengubah warna menjadi ungu.
  • Pewarna Makanan: Pigmen alami yang terkandung dalam bunga Butterfly Pea dapat digunakan sebagai pewarna makanan alami. Bunga ini sering digunakan dalam makanan tradisional, seperti kue atau makanan penutup, untuk memberikan warna biru alami.
  • Pengobatan Tradisional: Di beberapa budaya tradisional, ekstrak bunga Butterfly Pea digunakan dalam pengobatan tradisional. Bunga ini diketahui mengandung senyawa antioksidan dan antiradang, serta dapat membantu mengurangi demam, mengobati sakit kepala, dan meredakan stres.

Taksonomi dan Morfologi Butterfly Pea Flower/Bunga Telang

Butterfly Pea Flower, juga dikenal dengan nama ilmiah Clitoria ternatea, adalah tanaman berbunga yang berasal dari Asia Tenggara. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai Butterfly Pea Flower termasuk taksonomi, morfologi, dan sumber asalnya:

A. Taksonomi Butterfly Pea Flower:

  • Kerajaan: Plantae (Tumbuhan)
  • Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
  • Kelas: Magnoliopsida (Dicotyledonae, tumbuhan berkeping dua)
  • Ordo: Fabales
  • Famili: Fabaceae (Leguminosae, suku polong-polongan)
  • Genus: Clitoria
  • Spesies: Clitoria ternatea

B. Morfologi Butterfly Pea Flower

Morfologi Butterfly Pea Flower meliputi berbagai aspek seperti batang, daun, bunga, dan buah. Berikut adalah penjelasan rinci mengenai morfologi Butterfly Pea Flower:

1. Batang:
Foto Batang Butterfly Pea Flower atau Bunga Telang
Foto Batang Butterfly Pea Flower atau Bunga Telang

  • Butterfly Pea Flower memiliki batang yang panjang, ramping, dan merambat.
  • Batangnya bisa mencapai ketinggian hingga 5 meter.
  • Batang muda berwarna hijau dan berambut halus, kemudian berubah menjadi coklat kemerahan saat tua.
  • Batang ini dapat bergantung pada benda atau struktur lain saat merambat.

2. Daun:
Foto Daun Butterfly Pea Flower atau Bunga Telang
Foto Daun Butterfly Pea Flower atau Bunga Telang

  • Daun Butterfly Pea Flower berbentuk oval dan bertangkai panjang.
  • Daun-daun ini tersusun secara bertentangan di sepanjang batang.
  • Daun memiliki ujung yang meruncing dan tepi yang rata.
  • Warna daunnya adalah hijau.

3. Bunga:
Foto Bunga Butterfly Pea Flower atau Bunga Telang
Foto Bunga Butterfly Pea Flower atau Bunga Telang

  • Bunga Butterfly Pea Flower menjadi daya tarik utama tanaman ini.
  • Bunga memiliki kelopak berwarna biru keunguan yang indah.
  • Bunga ini memiliki lima kelopak dan mahkota bunga berwarna putih yang melingkari bagian tengahnya.
  • Pusat bunga ini lebih gelap dan memiliki struktur yang menyerupai klitoris, yang memberi nama ilmiah tanaman ini (Clitoria).

4. Buah dan Biji:
Foto Polong dan biji Butterfly Pea Flower Bunga Telang
Foto Polong dan biji Butterfly Pea Flower Bunga Telang

  • Setelah pembuahan, Butterfly Pea Flower menghasilkan polong berwarna coklat yang berisi biji-biji kecil.
  • Polong ini berbentuk panjang dan biasanya berisi sekitar 6 hingga 10 biji.

Manfaat dan Bahaya Butterfly Pea Flower/Bunga Telang 

Butterfly Pea Flower memiliki beberapa manfaat potensial untuk kesehatan manusia. Berikut adalah beberapa manfaat yang dikaitkan dengan Butterfly Pea Flower, serta beberapa perhatian terkait dengan penggunaannya:

Manfaat Butterfly Pea Flower:

  • Antioksidan: Bunga Butterfly Pea mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan anthocyanin, yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.
  • Efek antiinflamasi: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak bunga Butterfly Pea Flower memiliki efek antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.
  • Efek penenang: Teh Butterfly Pea Flower diketahui memiliki sifat penenang ringan dan dapat membantu meredakan kegelisahan dan stres.
  • Manfaat pada otak: Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa ekstrak bunga Butterfly Pea Flower dapat memberikan perlindungan pada otak dan sistem saraf, dengan potensi dalam mencegah penyakit neurodegeneratif.
  • Efek diuretik: Tanaman ini dapat memiliki efek diuretik ringan, yang dapat membantu meningkatkan produksi urine dan mengurangi retensi cairan dalam tubuh.
  • Potensi antidiabetes: Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ekstrak Butterfly Pea Flower memiliki potensi dalam mengatur kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.
  • Efek antimikroba: Ekstrak bunga Butterfly Pea Flower telah ditunjukkan memiliki aktivitas antimikroba, yang dapat membantu melawan pertumbuhan bakteri dan jamur.
  • Sumber nutrisi: Bunga Butterfly Pea Flower mengandung vitamin C, vitamin A, kalsium, dan zat besi, yang dapat memberikan manfaat nutrisi tambahan bagi tubuh.

Perhatian dan Potensi Bahaya:

  • Efek samping: Meskipun Butterfly Pea Flower umumnya dianggap aman untuk dikonsumsi dalam jumlah moderat, beberapa individu mungkin mengalami reaksi alergi terhadap tanaman ini. Jika Anda memiliki alergi terhadap tanaman bunga atau polong-polongan, sebaiknya berkonsultasi dengan profesional medis sebelum mengonsumsinya.
  • Interaksi obat: Sebagai tanaman dengan aktivitas farmakologis, Butterfly Pea Flower dapat berinteraksi dengan beberapa jenis obat. Jika Anda sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis atau apoteker sebelum mengonsumsi produk berbasis Butterfly Pea Flower.
  • Kehamilan dan menyusui: Informasi yang cukup tentang penggunaan Butterfly Pea Flower selama kehamilan dan menyusui masih terbatas. Oleh karena itu, disarankan bagi ibu hamil atau menyusui untuk berkonsultasi dengan profesional medis sebelum mengonsumsinya.

Pertanyaan dan Jawaban tentang Butterfly Pea Flower/Bunga Telang

Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban potensial untuk ujian IPA tentang Butterfly Pea Flower:

Apa nama ilmiah dari Butterfly Pea Flower?
Jawaban: Nama ilmiah dari Butterfly Pea Flower adalah Clitoria ternatea.

Apa manfaat utama dari Butterfly Pea Flower?
Jawaban: Manfaat utama dari Butterfly Pea Flower antara lain sebagai antioksidan, memiliki efek antiinflamasi, efek penenang, dan potensi antidiabetes.

Apa yang dimaksud dengan efek antimikroba dari Butterfly Pea Flower?
Jawaban: Efek antimikroba dari Butterfly Pea Flower merujuk pada kemampuannya dalam melawan pertumbuhan bakteri dan jamur.

Apa yang dimaksud dengan morfologi Butterfly Pea Flower?
Jawaban: Morfologi Butterfly Pea Flower meliputi aspek-aspek fisik tanaman ini, termasuk batang, daun, bunga, dan buah.

Dari mana asal usul Butterfly Pea Flower?
Jawaban: Butterfly Pea Flower berasal dari wilayah Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Apa yang dimaksud dengan kelopak bunga Butterfly Pea Flower?
Jawaban: Kelopak bunga Butterfly Pea Flower merujuk pada bagian bunga yang berwarna biru keunguan dan melingkari mahkota bunga.

Apakah ada efek samping yang perlu diperhatikan dalam penggunaan Butterfly Pea Flower?
Jawaban: Meskipun Butterfly Pea Flower umumnya dianggap aman, beberapa individu mungkin mengalami reaksi alergi. Interaksi obat dan penggunaan selama kehamilan dan menyusui juga perlu diperhatikan dan konsultasikan dengan profesional medis.

Apa yang dimaksud dengan sumber nutrisi dari Butterfly Pea Flower?
Jawaban: Butterfly Pea Flower mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, kalsium, dan zat besi.

Harap dicatat bahwa pertanyaan dan jawaban ini hanya sebagai contoh. Untuk ujian yang sebenarnya, disarankan untuk merujuk pada materi pembelajaran yang diberikan.

Referensi :

Jurnal Ilmiah: Hossain M. S., Alam M. B., Nayeem S., Khandokhar P., Rashid M., & Kaisar M. A. (2019). The Potential of Butterfly Pea (Clitoria ternatea L.) Extracts as an Antioxidant and Antimicrobial Agent. Journal of Food Quality, 2019, 1-9.

Jurnal Ilmiah: Jaiswal R., Sovika S., & Mishra A. P. (2015). Phytochemical and Pharmacological Profile of Clitoria ternatea Linn. (Fabaceae): A Review. Research Journal of Pharmacy and Technology, 8(3), 297-304.

Jurnal Ilmiah: Siddiqui B. S., Ali S. T., & Ahmad S. (2011). New Flavonoids from Clitoria ternatea. Natural Product Research, 25(13), 1242-1248.

Jurnal Ilmiah: Puttarak P., Charoonratana T., Panichayupakaranant P., & Nitiruangjaras A. (2012). Color Stability of Clitoria ternatea Petal Extract as Natural Colorant in Acidic Drink. Food and Bioproducts Processing, 90(4), 641-646.

Jurnal Ilmiah: Ee G. C., Lim C. K., Lim C. M., Rahmani M., & Shaari K. (2009). Clitoria ternatea (L.): A Review on its Traditional Uses, Phytochemistry, and Pharmacological Properties. Journal of Ethnopharmacology, 124(3), 391-400.

Jurnal Ilmiah: Natesan S., Tharmaraj K., & Marimuthu T. (2011). Phytochemical Analysis and Antibacterial Potential of Clitoria ternatea L. International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, 3(2), 127-129.

Jaya Kusuma
Jaya Kusuma Saya adalah Mbah Jaya, seorang penasehat ulung dan seorang penulis yang telah berpengalaman dibidangnya dari tahun 2010. Pengalaman ini saya sharingkan dalam bentuk blog. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk para pembaca di seluruh Dunia.