Ketahui Istilah OIS dan EIS pada smartphone kamera

 Pengertian dan Perbedaan OIS dan EIS

OIS dan EIS adalah dua jenis image stabilization yang biasa digunakan pada kamera smartphone yang difungsikan untuk menstbilkan video yang kita rekam dari goyangan tangan kita.

Perbedaan OIS and EIS stabilizer kamera
Perbedaan OIS and EIS stabilizer kamera

OIS adalah singkatan dari (Optical Image Stabilization) atau stabilisasi gambar optik yang menggunakan mekanisme fisik untuk menggerakkan lensa kamera untuk mengkompensasi goyangan kamera, dan juga membantu menghasilkan gambar dan video yang lebih tajam, bahkan saat ponsel dipegang dengan tangan yang gemetar.

EIS adalah singkatan dari (Electronic Image Stabilization) atau stabilisasi gambar elektronik.yang menggunakan perangkat lunak untuk mengidentifikasi dan memperbaiki goyangan kamera serta mungkin kurang efektif daripada OIS, tetapi juga lebih murah dan dapat digunakan di ponsel yang tidak memiliki mekanisme OIS fisik.

Secara umum, OIS dianggap sebagai opsi yang lebih baik untuk stabilisasi gambar, tetapi juga lebih mahal. EIS adalah pilihan yang baik untuk ponsel yang tidak memiliki OIS, tetapi tidak seefektif itu.

Perbedaan utama antara OIS dan EIS

Berikut adalah tabel yang merangkum perbedaan utama antara OIS dan EIS:

FeatureOISEIS
BiayaSangat MahalSangat Murah
EfektifitasLebih EfektifKurang Efektif
PersyaratanMembutuhkan mekanisme
fisik di dalam kamera
Dapat digunakan di ponsel
tanpa mekanisme fisik

Berikut beberapa contoh smartphone yang memiliki OIS:

Berikut beberapa contoh smartphone yang memiliki EIS:

  • iPhone SE (2022)
  • Samsung Galaxy A53 5G
  • Google Piksel 5a 5G
  • OnePlus Nord2
  • Xiaomi Redmi Note 11 Pro 5G

Pada akhirnya, cara terbaik untuk memutuskan jenis stabilisasi gambar mana yang tepat bagi Anda adalah dengan mempertimbangkan anggaran dan kebutuhan Anda. Jika Anda mencari kualitas gambar terbaik, maka OIS adalah cara terbaik. 

Namun, jika anggaran Anda terbatas atau jika Anda tidak membutuhkan kualitas gambar terbaik mutlak, maka EIS adalah pilihan yang baik.

Jaya Kusuma
Jaya Kusuma Saya adalah Mbah Jaya, seorang penasehat ulung dan seorang penulis yang telah berpengalaman dibidangnya dari tahun 2010. Pengalaman ini saya sharingkan dalam bentuk blog. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk para pembaca di seluruh Dunia.