Cara Cepat Tanam Biji Mangga Madu, Mudah dan Praktis

 Mangga Madu adalah salah satu varietas mangga yang terkenal karena rasanya yang manis seperti madu. Buah ini memiliki warna kulit yang kuning kehijauan dan daging buah yang berwarna kuning terang. Biasanya, mangga Madu memiliki ukuran yang agak kecil hingga sedang, tergantung pada tingkat kematangan buahnya.

Foto Mangga Madu
Foto Mangga Madu

Mangga Madu memiliki tekstur yang lembut dan sangat lezat. Rasanya yang manis dan aroma yang khas membuatnya menjadi favorit bagi banyak orang. Ketika matang sepenuhnya, daging buahnya juga dapat menjadi lembut dan sedikit lembek.

Selain rasanya yang istimewa, mangga Madu juga kaya akan nutrisi. Mangga secara umum mengandung banyak vitamin C, serat, dan antioksidan. Makan mangga Madu secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, dan meningkatkan pencernaan.

Mangga Madu tumbuh di daerah dengan iklim tropis, terutama di Asia Tenggara. Beberapa negara produsen utama mangga Madu antara lain adalah Indonesia, Thailand, dan Filipina.

Jadi, secara singkat, Mangga Madu adalah varietas mangga yang terkenal karena rasanya yang manis seperti madu, memiliki tekstur lembut, dan kaya akan nutrisi.

Cara Cepat Tanam Biji Mangga Madu

Berikut adalah cara menanam mangga madu dari bijinya:
  1. Pilihlah buah mangga madu yang sudah matang dan berbuah lebat. Ada pepatah  "Buah jatuh tak jauh dari pohonnya"Anak baik berasal dari orang tua yang baik. Begitu juga dengan buah mangga, pemilihan bijinya harus dari bibit mangga yang berbuah lebat agar hasilnya diharapkan berbuah lebat.
  2. Buang daging buah mangga dan ambil bijinya.
  3. Cuci biji mangga dengan air bersih, bila perlu di sikat sampe dagingya benar-benar tanpa sisa, namun harus hati hati jangan sampe kulit biji mangga madu terkelupas.
  4. Jemur biji mangga sampai kering, bisa 2 -3 hari tergantung kuat panasnya sinar matahari.
  5. Jika sudah kering, potonng bagian pinggir mangga dengan gunting yang tajam. Proses ini memerlukan kehati-hatian jangan sampai merusak inti buah mangga madu yang ada di balik kulit biji madu.
  6. Setelah dipotong pinggir biji madunua, langkah selanjutnya kelupas biji madu/buang kulitnya dan sisakan biji madu tanpa kulit.
  7. Rendam biji mangga madu di air biasa yang bersih selama 10 menit saja
  8. Siapkan pot atau polybag yang sudah diisi dengan media tanam berupa tanah bakaran atau mengandung humus.
  9. Buatlah lubang seukuran lebar biji buah mangga madu.
  10. Masukkan biji mangga ke dalam lubang tersebut sampai tertimbun tanah sekitar 1-2 cm saja, jangan terlalu dalam dan harus tertutup tanah.
  11. Siram media tanam sampai basah saja, jangan terlalu banyak air. Air berfungsi hanya untuk meyatukan biji dan media tanah saja. 
  12. Tempatkan pot atau polybag di tempat yang teduh dan terhindar dari sinar matahari langsung. contohnya persis di pinggir rumah anda yang tidak terkena sinar matahari langsung.
  13. Siram media tanam secara rutin, pagi dan sore, basahin saja jangan banyak banyak airnya karena tujuan utama hanya media tanam tidak kering.
  14. Bibit mangga akan mulai tumbuh setelah 2-3 minggu saja. Ini adalah cara yang tidak biasa, namun bisa mempercepat tumbuh biji buah mangga madu yang bisanya tumbuh berbulan bulan.
  15. Setelah bibit mangga tumbuh setinggi 10-15 cm, pindahkan bibit mangga ke pot yang lebih besar.atau biarkan saja sampai mangga memiliki akar yang kuat baru dipindahkan.
  16. Bibit mangga akan mulai berbuah setelah berumur 4-6 tahun.
Demikianlah tips dan trik Cara Cepat Tanam Biji Mangga Madu, Mudah dan Praktis. Semoga bermanfaat. Jika masih belum paham jangan lupa tinggalkan pesan anda di kolom komentar dibawah.
Jaya Kusuma
Jaya Kusuma Saya adalah Mbah Jaya, seorang penasehat ulung dan seorang penulis yang telah berpengalaman dibidangnya dari tahun 2010. Pengalaman ini saya sharingkan dalam bentuk blog. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk para pembaca di seluruh Dunia.