Apa itu Bloatware dan cara menghilangkan di handphone anda

 Bloatware adalah perangkat lunak yang diinstal sebelumnya pada perangkat, seperti smartphone atau komputer, oleh produsen atau operator. Bloatware dapat mencakup aplikasi, game, dan perangkat lunak lain yang mungkin tidak diinginkan atau dibutuhkan pengguna. 

Bloatware dapat memperlambat perangkat dan menghabiskan ruang di hard drive. Mungkin juga sulit untuk menghapus bloatware, karena mungkin dilindungi oleh sistem operasi perangkat.

Apa itu Bloatware dan cara menghilangkan di handphone anda
Bloatware 

Alasan produsen dan operator memasang bloatware

Ada beberapa alasan mengapa produsen dan operator memasang bloatware di perangkat. Salah satu alasannya adalah untuk menghasilkan uang. 

Produsen dan operator dapat membebankan biaya kepada pengembang perangkat lunak untuk menginstal aplikasi mereka di perangkat. 

Alasan lainnya adalah untuk memberi pengguna satu set aplikasi dan layanan dasar, seperti browser web, klien email, dan pemutar musik. Terakhir, produsen dan operator dapat memasang bloatware untuk mengumpulkan data tentang kebiasaan penggunaan pengguna.

Ada beberapa cara untuk mengatasi bloatware. Salah satu caranya adalah dengan mengabaikannya. Jika bloatware tidak memakan terlalu banyak ruang atau memperlambat perangkat, maka tidak perlu melakukan apa-apa. 

Cara lain untuk menangani bloatware adalah dengan menonaktifkannya. Ini dapat dilakukan dengan masuk ke pengaturan perangkat dan menonaktifkan notifikasi aplikasi dan aktivitas latar belakang. 

Terakhir, jika bloatware menyebabkan masalah, maka bloatware tersebut dapat di-uninstall. Membuang Bloatware dapat dilakukan dengan masuk ke pengaturan perangkat dan memilih "Aplikasi". Dari sana, pilih aplikasi bloatware dan ketuk "Uninstall".

Tips membeli Handphone

Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari bloatware:

  1. Lakukan riset sebelum membeli perangkat. Baca ulasan dan periksa untuk melihat apakah perangkat dilengkapi dengan bloatware.
  2. Tanyakan kepada produsen atau operator apakah perangkat dapat dibeli tanpa bloatware.
  3. Pertimbangkan untuk membeli perangkat yang menjalankan sistem operasi khusus, seperti LineageOS atau CyanogenMod. Sistem operasi ini tidak dilengkapi dengan bloatware apa pun.
  4. Bloatware bisa menjadi gangguan, tetapi bisa diatasi. Dengan mengikuti tips ini, Anda dapat menghindari bloatware dan menjaga agar perangkat Anda tetap berjalan dengan lancar.

Cara Mengatasi Bloatware di ponsel/handphone 

Ada beberapa cara untuk mengatasi bloatware di ponsel Anda.

  1. Nonaktifkan bloatware: Anda dapat menonaktifkan bloatware dengan membuka Pengaturan > Aplikasi > Lihat semua aplikasi. Pilih aplikasi bloatware dan ketuk Nonaktifkan. Ini akan mencegah aplikasi berjalan di latar belakang dan menghabiskan sumber daya.
  2. Copot pemasangan bloatware: Jika Anda ingin menghapus bloatware sepenuhnya dari ponsel, Anda dapat menghapusnya. Untuk melakukan ini, Anda harus melakukan root pada ponsel Anda. Rooting memberi Anda izin untuk memodifikasi file sistem di ponsel Anda, yang memungkinkan Anda untuk menghapus instalan bloatware yang tidak dapat dihapus dengan cara lain.Cara ini harus dengan ahlinya/Teknisi, mungkin saja anda bisa melakukannya dirumah tapi terlalu beresiko jik salah prosedur.
  3. Gunakan ROM khusus: ROM khusus adalah versi modifikasi dari sistem operasi Android yang dirancang untuk meningkatkan kinerja dan menghapus bloatware. Ada banyak ROM khusus yang tersedia untuk berbagai ponsel Android. Anda dapat menemukan ROM khusus untuk ponsel Anda dengan mencari secara online.

Manfaat menghapus bloatware

Berikut adalah beberapa manfaat menghapus bloatware dari ponsel Anda:

  • Peningkatan kinerja: Menghapus bloatware dapat meningkatkan kinerja ponsel Anda dengan membebaskan sumber daya yang seharusnya digunakan oleh aplikasi bloatware.
  • Lebih banyak ruang penyimpanan: Aplikasi bloatware dapat menghabiskan banyak ruang penyimpanan di ponsel Anda. Menghapus bloatware dapat mengosongkan ruang ini sehingga Anda dapat menggunakannya untuk hal lain, seperti menyimpan foto, video, dan musik.
  • Peningkatan masa pakai baterai: Aplikasi bloatware dapat berjalan di latar belakang dan menggunakan daya baterai. Menghapus bloatware dapat membantu meningkatkan masa pakai baterai ponsel Anda.

Risiko menghapus bloatware

Berikut adalah beberapa risiko menghapus bloatware dari ponsel Anda:

  • Membatalkan garansi Anda: Menghapus bloatware dapat membatalkan garansi ponsel Anda.
  • Merusak ponsel Anda: Jika Anda tidak berhati-hati, Anda dapat merusak ponsel Anda saat melakukan rooting atau menginstal ROM khusus.
  • Risiko keamanan: ROM kustom mungkin tidak seaman ROM asli yang disertakan dengan ponsel Anda. Ini dapat membuat ponsel Anda lebih rentan terhadap malware dan ancaman keamanan lainnya.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menghapus bloatware dari ponsel Anda, penting untuk mempertimbangkan risiko dan manfaatnya dengan hati-hati.

Jika Anda merasa tidak nyaman melakukan rooting ponsel atau memasang ROM khusus, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menonaktifkan bloatware. 

Menonaktifkan bloatware adalah opsi yang lebih aman.

Jaya Kusuma
Jaya Kusuma Saya adalah Mbah Jaya, seorang penasehat ulung dan seorang penulis yang telah berpengalaman dibidangnya dari tahun 2010. Pengalaman ini saya sharingkan dalam bentuk blog. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk para pembaca di seluruh Dunia.