Tahukah anda, Apa itu Mobil Truk Uka Uka

Di daerah Kalimantan, khususnya Kaliantan Barat yang merupakan salah satu penghasil buah kelapa sawit terbesar di Indonesia, yang hasil buahnya di expor ke berbagai Negara di Dunia.

Jalanan perkebunan sawit yang kurang baik, berlobang dan berlumpur, belum lagi kondisi hujan tiba, memperburuk kelancaran dalam mengangkut buah kelapa sawit.

Para petani sawit kalimantan barat ini mencoba menemukan cara bagaimana agar hasil buah kelapa sawit ini bisa diangkut sampai ke pabriknya dengan selamat dan tepat waktu sehingga buah yang telah di panen tidak membusuk dan mubazir.

Mobil Truk Uka Uka
Mobil Truk Uka Uka

Mobil Truk Uka Uka

Mobil Truk Uka Uka adalah hasil dari modifikasi mobil jeep tipe lama yang memiliki double gardan, Double gardan maksudnya seluruh rodanya memiliki daya berputar. Hal ini bermanfaat ketika menghadapi jalanan yang licin dan berlobang, karena semua rodanya berputar maka mobil ini jarang kepater/selip.

Inilah salah satu inovasi modifikasi mobil jeep tipe lama menjadi sebuah truk mini yang mampu menampung buah tandan sawit seberat 1 tom.

Mobil jeep tipe lama ini di modif dengan cara memotong bagian cover belakang dan sisakan kepala jeepnya saja.

Kemudian bagian belakangnya dibentuk kotak terbuka yang berfungsi untuk menampung buah kelapa sawit. Selain untuk menampung buah kelapa sawit juga bisa digunakan untuk membawa barang barang lain seperti beras, semen, dan keperluan sembako lainnya.

Mobil jeep modifikasi ini didaerah Kalimantan Barat, khususnya di wilayah pedesaaan menamakan mobil uka uka.

Kenapa dinamakan Mobil Uka Uka? Karena sulitnya para petani dalam mengeluarkan hasil panen buah saat itu di kebunnya, dengan datangnya mobil ini, para petani berteriak UKA UKA, (Uka Uka itu berarti aneh, Kuat, mampu melewati Rintangan).

Harga Mobil Truk Uka Uka

Untuk harga mobil uka uka ini berkisar antara Rp. 30 - 70 Juta, tergantung dari kondisi mesin dan body mobil.

Dengan kekuatan dan kebandelan mesin dari mobil jeep ini, menjadi mobil favorit para petani sawit di Kalimantan, sebagai alat transportasi utama mengeluarkan hasil buah sawit dari perkebunan menuju jalan raya.

Setelah sampai ke jalan raya biasanya hasil buah ditampung ke pengepul, dan dari pengepul diangkut menggunakan mobil dantruk yang bisa menampung sekitar 7 ton buah tandan sawit untuk di jual ke Pabrik Pengolahan di sekitar daerah itu.

Didaeah anda, pernahkan dijumpai mobil modifikasi seperti ini?
Apa nama Mobil ini didaerah anda?
Tulis komentarnya yuaah...?
Jaya Kusuma
Jaya Kusuma Saya adalah Mbah Jaya, seorang penasehat ulung dan seorang penulis yang telah berpengalaman dibidangnya dari tahun 2010. Pengalaman ini saya sharingkan dalam bentuk blog. Semoga apa yang saya tulis bermanfaat untuk para pembaca di seluruh Dunia.