profil universitas pendidikan indonesia | MajalahCerdasCom

profil universitas pendidikan indonesia adalah klip pendek yang harus dilihat bagi mahasiswa, calon mahasiswa, dosen, pemerhati pendidikan, maupun masyarakat umum yang tertarik soal pembangunan karakter bangsa. Pada klip ini kita semua bisa memperdalam pengetahuan soal profil universitas pendidikan indonesia

Deskripsi Video

profil universitas pendidikan indonesia

Universitas Pendidikan Indonesia (disingkat UPI) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang kampus utamanya berkedudukan di Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Sejak tahun 2012, UPI berstatus sebagai perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah (PTP)[4], berubah dari status sebelumnya sebagai perguruan tinggi badan hukum milik negara (BHMN).

UPI adalah perguruan tinggi yang menganut sistem multikampus[5] yaitu dengan 6 kampus yang tersebar di dua provinsi yaitu Jawa Barat dan Banten. Kampus utama UPI berlokasi di Jalan Setiabudhi 229, Bandung. Sedangkan kampus lainnya berlokasi di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang.
UPI memiliki 8 Fakultas, 5 Kampus Daerah, Sekolah Pascasarjana (SPs) dan Sekolah Laboratorium atau Lab School UPI.

Fakultas
Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (FPIPS)
Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS)
Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA)
Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK)
Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK)
Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB)
Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD)[9][10]
Sekolah di UPI
Sekolah Pascasarjana (SPs)
Sekolah Laboratorium
Kampus di UPI
Kampus UPI Cibiru
Kampus UPI Tasikmalaya
Kampus UPI Sumedang
Kampus UPI Purwakarta
Kampus UPI Serang
Kampus utama UPI terletak di Jalan Dr. Setiabudi 229, Bandung, dengan luas 75 hektar. Di kampus utama ini bernaung Sekolah Pascasarjana dan lima fakultas. Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) masih berlokasi di Jalan Ahmad Yani km.6, Padasuka, Bandung. FPOK akan segera dipindahkan ke kampus utama setelah segala pembangunan fasilitas dan infrastruktur penunjang lainnya dapat digunakan.

Untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, UPI telah mendirikan beberapa kampus daerah yang terletak di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang, Purwakarta, dan Serang. Keberadaan kampus-kampus ini memungkinkan UPI untuk memberagamkan program-programnya dan memperluas jangkauannya. Seluruh kampus daerah terhubung jaringan internet berkapasitas 250Mbps sebagai backhaul dan 50Mbps untuk masing-masing kampus daerah. Jaringan internet tersebut dikelola secara terpusat oleh Direktorat TIK yang berkedudukan di kampus utama. Dengan daya dukung teknologi seperti itu, UPI sangat memungkinkan melakukan pembelajaran jarak jauh (distance learning) dengan seluruh kampus yang tersebar di daerah.

Mulai tahun akademik 2006/2007, Kampus UPI Serang, Purwakarta, dan Tasik membuka Program Pendidikan Jenjang S-2 (Magister) untuk Program Studi Pendidikan IPA, Pendidikan IPS, Pendidikan Luar Sekolah, Bimbingan Konseling, Administrasi Pendidikan, Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Pendidikan Luar Sekolah, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Untuk mendukung program tersebut, UPI memprioritaskan pembangunan sarana dan prasarana kampus-kampus daerah secara menyeluruh.

sumber wikipedia, situs resmi upi

Tonton Video Disini

Data Video

Klip ini sudah ditengok sebanyak sekitar 999 views sejak diunggah beberapa waktu yang lalu sampai dengan 5 Maret 2018 Jam 12:16:24 WIB dan terus bertambah.
Durasi video 5:04 menit.

Majalah Cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *