profil universitas Indonesia | MajalahCerdasCom

profil universitas Indonesia adalah klip pendek yang harus dilihat bagi mahasiswa, calon mahasiswa, dosen, pemerhati pendidikan, maupun masyarakat umum yang tertarik soal pembangunan karakter bangsa. Pada klip ini kita semua bisa memperdalam pengetahuan soal profil universitas Indonesia

Deskripsi Video

profil universitas Indonesia

inilah videoi profil universitas Indonesia

Universitas Indonesia, biasa disingkat sebagai UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multi budaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas. Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. Secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.Secara geografis, posisi kampus UI berada di dua area berjauhan, kampus Salemba dan kampus Depok. Mayoritas fakultas berada di Depok dengan luas lahan mencapai 320 hektar dengan atmosfer green campus karena hanya 25% lahan digunakan sebagai sarana akademik, riset dan kemahasiswaan. 75% wilayah UI bisa dikatakan adalah area hijau berwujud hutan kota di mana di dalamnya terdapat 6 danau alam.

Salemba[sunting | sunting sumber]
Kampus UI Salemba terletak di daerah Salemba, Jakarta Pusat [13]. Fakultas yang berada di kampus ini adalah Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, dan beberapa Program Pascasarjana Multidisplin, program Ekstensi dan Magister Manajemen Fakultas Ekonomi, serta laboratorium Fakultas Teknik. Khusus untuk Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi program S1/sarjana sejak 2013 lalu telah pindah ke kampus utama UI Depok untuk urusan akademis sedangkan urusan administrasi tetap di Salemba, Jakarta Pusat

Depok[sunting | sunting sumber]
Kampus utama UI Depok, terletak di perbatasan antara kota madya Jakarta Selatan dengan Kota Depok, Jawa Barat [14], dibangun pada pertengahan tahun 1980-an untuk mengakomodasi modernisasi universitas menuju visi UI universitas riset kelas dunia. Saat ini, Kampus Depok adalah kampus utama Universitas Indonesia. Sebagian besar fakultas di UI (MIPA, Teknik, Psikologi, Hukum, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Ilmu Pengetahuan Budaya, Ilmu Komputer, Kesehatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan, Farmasi, Ilmu Administrasi) berada di sini dan sejak 2013, Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Gigi pun telah pindah ke Depok untuk urusan akademis dan proses perkuliahan.
Fasilitas dan sarana olahraga yang dimiliki oleh UI antara lain:

Stadion
Lapangan sepak bola & futsal
Lompat jangkit
Atletik
Indoor (gymnasium)
Lapangan bulu tangkis
Lapangan bola voli
Lapangan bola basket
Outdoor
Lapangan hoki
Lapangan tenis (4 line)
Lapangan basket (3 line)
Lapangan voli (3 line)
Lapangan bulutangkis (1 line)

Perpustakaan
UI memiliki perpustakaan dengan luas bangunan 30.000 m2 serta terdiri atas delapan lantai. Pemancangan tiang perdana dilakukan Senin (1/6/2009) ditargetkan pembangunnya selesai pada Desember 2009. Gedung perpustakaan tersebut dirancang dengan konsep “sustainable building” yang mana kebutuhan energi menggunakan sumber terbarukan yakni energi matahari (solar energy) selain itu di dalam gedung tidak diperbolehkan menggunakan plastik. Area baru tersebut bebas asap rokok, hijau serta hemat listrik, air, dan kertas. Perpustakaan pusat UI tersebut akan mampu menampung sekitar 10.000 pengunjung dalam waktu bersamaan atau sekitar 20.000 orang per hari selain itu juga akan menampung 3-5 juta judul buku. Perpustakaan ini terbuka juga untuk umum.
Fakultas dan Program di universitas Indonesia
Fakultas adalah unit pendidikan di UI yang memiliki beberapa program studi atau jurusan. Sampai saat ini, program studi atau jurusan di UI dikelola dan dijalankan secara administrasi dan akademik oleh 14 fakultas dan 2 program. Fakultas dan program tersebut adalah:

Rumpun Ilmu Kesehatan (RIK)

Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran Gigi
Fakultas Farmasi
Fakultas Kesehatan Masyarakat
Fakultas Ilmu Keperawatan
Rumpun Sains-Teknologi (Saintek)

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fakultas Teknik
Fakultas Ilmu Komputer
Rumpun Sosial-Humaniora (Soshum)

Fakultas Hukum
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya
Fakultas Psikologi
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Fakultas Ilmu Administrasi
Rumpun Multidisplin

Sekolah Pascasarjana Kajian Ilmu Lingkungan
Sekolah Pascasarjana Kajian Stratejik dan Global
Vokasi/Kejuruan

Program Vokasi

UI secara konsisten masuk dalam daftar universitas papan atas baik di tingkat nasional maupun internasional.
alumni UI juga menjadi orang orang hebat seperti Sri Mulyani

itulah sedikit ulasan mengenai prpfil universitas Indonesia
lihat juga profil ugm https://youtu.be/KHJymMOjOqI

SOURCE WIKIPEDIA

Tonton Video Disini

Data Video

Klip ini sudah ditengok sebanyak 4,221 views sejak diunggah pada Oct 24, 2016 sampai dengan 5 Maret 2018 Jam 12:24:45 WIB dan terus bertambah.
Durasi video 4:24 menit.

Majalah Cerdas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *